Tuesday, July 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedDKI Akan Bangun 50 Ribu Unit Rusun Untuk MBR dan Kalangan Berdasi -...

DKI Akan Bangun 50 Ribu Unit Rusun Untuk MBR dan Kalangan Berdasi – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Untuk mengurangi kawasan kumuh dan menyediakan hunian layak, Pemprov DKI Jakarta akan menggencarkan pembangunan rumah susun (rusun) khususnya di kawasan kumuh. Hingga tahun 2017 Pemprov DKI akan membangun 50 ribu unit rusun yang ditujukan untuk warga yang bermukim di bantaran sungai termasuk kalangan kelas menengah.

Ilustrasi : Salah satu rusunami di Jakarta

Ilustrasi : Salah satu rusunami di Jakarta

Menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), pembangunan rusun juga berkaitan dengan penanganan kemaceten di Jakarta. “Supaya warga Jakarta bisa tinggal di dalam kota sehingga lebih menghemat biaya transportasi, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, dan pemerintah tidak perlu mengadakan banyak transportasi massal dari luar Jakarta,” ujar Basuki di Balaikota, Jakarta, Rabu (16/9).

Basuki menilai saat ini kalangan menengah di Jakarta hanya mampu membeli hunian di pinggiran. Mereka tidak mampu membeli di Jakarta karena harganya melambung terlalu tinggi. Untuk itu pihaknya akan membangun banyak rusun untuk menyasar kalangan pekerja berdasi sehingga bisa tetap tinggal di Jakarta walaupun berbentuk hunian vertikal.

Dari target 50 ribu unit yang akan dibangun sebanyak 12 ribu (24 persen) berupa rumah susun sederhana milik (rusunami) sekelas apartemen untuk kalangan menengah. Lokasi apartemen ini berada di Kemayoran yang akan dibangun Wisma Atlet sebanyak 7.200 unit, Pasar Rumput dan Pasar Minggu di Jakarta Selatan masing-masing sebanyak 2.300 unit dan 2.500 unit. “Jadi nanti bisa tetap tinggal di tengah kota dengan layanan transportasi yang sudah siap seperti Transjakarta. Nantinya di Tanah Abang juga akan kita bangun beberapa ratus unit, di Grogol, pokoknya akan dibangun di banyak lokasi,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments