Friday, March 1, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedDjarot Akan Jadikan Pasar Tradisional Pusat Kompos - Housing-Estate.com - Portal Berita...

Djarot Akan Jadikan Pasar Tradisional Pusat Kompos – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Tingginya volume sampah organik hasil dari aneka sayur dan buah di pasar tradisional setiap harinya, membuat Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat memiliki ide untuk menjadikan pasar tradisional sebagai pusat pengolahan kompos. Dengan diolah menjadi kompos dapat mengurangi volume sampah yang dibuang ke tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) di Bantar Gebang, Bekasi.

Pasar Kramat jati

Pasar Kramat jati

“Di Pasar Kramat Jati 80 persen sampahnya merupakan sampah organik. Selain mengurangi volume sampah juga bisa jadi tambahan penghasilan bagi pengelola pasar. Nanti pupuknya dijual ke Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, dinas ini mengelola retusan taman jadi membutuhkan pupuk yang besar,” ujarnya di Balaikota, Rabu (31/12).

Bila seluruh pasar tradisional di Jakarta dijadikan pusat pengolahan kompos hal ini juga bisa menjadi percontohan bagi wilayah lainnya. Bahkan bila hasilnya berlebih, pupuk hasil olahan sampah pasar ini juga bisa saja dijual ke masyarakat umum. Djarot juga mengapresiasi banyaknya warga yang menjadi relawan untuk mengawasi warga lainnya yang buang sampah sembarangan.

“Mereka ini menamakan dirinya Polisi Sampah, sweeping warganya sendiri kalau ada yang buang sampah sembarangan nanti ditegur atau difoto dan dilaporkan, nanti kita kasih denda. Ini untuk bikin efek jera juga supaya kita terbiasa dengan budaya bersih,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments