Tuesday, July 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedDi Surabaya, Rumah Menengah Tumbuh di Sekitar MERR - Housing-Estate.com - Portal...

Di Surabaya, Rumah Menengah Tumbuh di Sekitar MERR – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Pembangunan jalan lingkar tengah timur (middle east ring road/MERR) Surabaya menggairahkan pembangunan perumahan di sekitar Rungkut. Keberadaan MERR yang menghubungkan Rungkut – Galaxi itu membuat kawasan tersebut dan sekitar Bandara Juanda semakin mudah diakses dari pusat kota Surabaya. Perumahan menengah, menengah atas, dan apartemen kini tumbuh subur di sekitar jalan tersebut.

Taman Rivera Sidoarjo

Taman Rivera Sidoarjo

Di koridor Gunung Anyar-Rungkut (Jl Rungkut Madya) dekat Universitas Veteran ada Puri Mas (45 ha) dan Pondok Tjandra Indah (500 ha). Dua perumahan ini dikembangkan jauh sebelum adanya MERR. Selebihnya berskala kecil seperti Manhattan, New Green Hill Residence 2, Taman Rivera, Sentra Point dan Evergreen de Parc. Pondok Tjandra yang lokasinya bersebelahan dengan pintu masuk MERR II C (Rungkut-Galakxi), menjual tipe 75-110/120-180 di klaster Sapphire Rp1,2–1,9 miliar.

“Tahun lalu harganya masih Rp800 juta untuk tipe terkecil, sekarang sudah di atas Rp1 miliar dengan harga tanah Rp5-12 juta per m2 tergantung lokasi. Di sini cepat naiknya, apalagi kalau MERR sudah nyambung semua. Kita juga dekat CiTo (City of Tomorrow) yang di dalamnya ada mal, perkantoran, dan universitas,” kata Nova, staf pemasaran Pondok Chandra.

Perumahan di kawasan Tambakrejo itu sudah dihuni 2.000 KK yang tersebar di 15 cluster. Di koridor yang sama ada Puri Mas yang pengembangannya cukup rapi dan fasilitas komersial sudah hidup. Rumah tapak sudah habis, saat ini dipasarkan apartemen seharga Rp300 jutaan.

Agak jauh dari MERR, di kawasan Kenjeran, Surabaya timur, ada beberapa perumahan skala kecil yang memasarkan hunian lebih terjangkau, Rp500 juta – 1 miliar/unit. Perumahannya antara lain Green Lake, Green Semanggi dan Wisata Semanggi Mangrove, selain Pantai Mentari. Di sini juga ada perumahan kelas atas Pakuwon City (650 ha) yang memasarkan rumah di atas dua miliar.

Green Lake dari PT Muara Artha Purnama menjual tipe 42-70 m2 di atas kaveling 72-111 m2 seharga Rp564 – 1 miliar. Lokasinya di Jl Wonorejo Timur Baru, Wonorejo, tidak jauh dari rencana OERR atau 1,5 km dari tempat wisata Mangrove. Di dekatnya ada Wisata Semanggi (25 ha) di Jl Raya Semanggi (4 ha tahap pertama) yang menawarkan 320 rumah tipe 42-80/72-105 seharga Rp552 – 1,1 miliar. Sebanyak 50 unit sudah laku dan pembangunannya segera dimulai.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments