Sunday, May 26, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedDaerah Harus Punya Zona Aman Hunian - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Daerah Harus Punya Zona Aman Hunian – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Masalah pembangunan perumahan perlu mendapat perhatian serius pemerintah daerah (Pemda). Bukan hanya  kepastian suplainya yang harus dijaga, zonasinya juga harus mendapat perhatian. Zonasi itu untuk memberi jaminan kepada masyarakat bahwa permukimannya masuk daerah aman  mengingat di Indonesia banyak wilayah rawan bencana. Karena itu setiap daerah diminta untuk menerbitkan peraturan daerah (perda) tentang Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) di daerahnya.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Dengan Perda RP3KP setiap daerah bisa menentukan zona aman dan tidak aman untuk kawasan hunian. Zona aman ini harus dimiliki setiap daerah sehingga perencanaan kawasan pemukiman diatur sejak dini untuk menghindari kekacauan di kemudian hari,” ujar Eko Heripoerwanto, Sekjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) di Jakarta, Kamis (10/3).

Saat ini daerah yang tengah membahas Perda RP3KP adalah Pemprov Sumatera Barat (Sumbar). Aturan ini juga untuk mengantisipasi perkembangan kebutuhan perumahan di wilayah masing-masing paling tidak hingga 10 tahun mendatang. Pemprov Sumbar memerlukan aturan ini mengingat wilayahnya termasuk rawan gempa.  Zona aman sekaligus untuk menjamin peruntukan ruang non hunian yang aman.

Penetapan kawasan aman hunian itu perlu diikuti dengan perencanaan atau desain kapasitas penduduk di suatu daerah. Jika ini dijalankan  masyarakat dapat menempati hunian lebih layak dan teratur.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments