Sunday, May 26, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedCiputra Hanya Bangun Satu Cluster Rumah Bersubsidi di Maja - Housing-Estate.com -...

Ciputra Hanya Bangun Satu Cluster Rumah Bersubsidi di Maja – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Ciputra Group tengah memasarkan proyek baru Citra Maja Raya, Maja, Lebak, Banten. Di proyek seluas 2.000 ha itu Ciputra melansir rumah murah mulai Rp133 juta (22/60). Sejak dipasarkan satu tahun lalu rumah yang terjual lebih dari 7000 unit. Kendati murah sebagian besar bukan rumah bersubsidi. Ciputra hanya  mengembangkan satu cluster rumah bersubsidi sebanyak 1.000 unit.

Rumah Citra Maja Raya tipe 22

Rumah Citra Maja Raya tipe 22

Menurut Agus Surya Widjaja, Direktur PT Ciputra Residence, anak usaha Ciputra Group, pihaknya agak kesulitan menjual rumah subsidi di Citra Maja Raya. Rumah dengan dukungan FLPP (fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan) itu hanya berlaku untuk satu orang. Sedangkan konsumennya banyak yang mau membeli beberapa unit sekaligus. “Misalnya orang mau beli lima unit untuk supir, pembantunya, atau perusahaan yang mau beli beberapa unit untuk karyawannya. Yang seperti ini kan nggak bisa pakai FLPP,” ujar Agus kepada housing-estate.com di Jakarta, Selasa (6/10).

Citra Maja Raya akan dikembangkan sebagai proyek berskala besar yang mencakup beragam segmen. Saat ini yang dijual rumah menengah bawah untuk menghidupkan kawasan. Agus menyatakan insentif yang diberikan kepada pengembang rumah bersubsidi tidak menarik sehingga pihaknya memutuskan untuk menjual rumah murah tanpa ikut program pemerintah. Ia mencontohkan  untuk mendapatkan bantuan prasarana, sarana, utilitas (PSU) di satu kawasan  minimal sudah terbangun 60 persen. Ini menjadi kendala proyek skala besar karena pengembangannya per kawasan dan terkadang acak.

“Jadi cukup repot, makanya kita hanya buat satu cluster untuk program FLPP. Malah bagus kita nggak pakai anggaran subsidi pemerintah, tapi secara target pembangunan proyek ini juga bisa menambah volume program rumah murah pemerintah,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments