Friday, April 19, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedButuh Lahan 133 Ribu Hektar Untuk Infrastruktur - Housing-Estate.com - Portal Berita...

Butuh Lahan 133 Ribu Hektar Untuk Infrastruktur – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah dalam program kerjanya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur. Untuk merealisasikan hal tersebut, menurut Kepala Badan Pengatur (BP) Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Hediyanto W. Husaini, hingga tahun 2019 kebutuhan lahan untuk pembangunan infrastruktur mencapai 133.657 ha.

Proyek pembangunan jalan tol

Proyek pembangunan jalan tol

“Lahan seluas ini untuk jalan 21.172 ha, pengelolaan sumber daya air 111.437 ha, bidang cipta karya 592 ha, dan untuk perumahan rakyat 456 ha. Kebutuhan anggaran untuk pembebasan lahan mencapai Rp82,8 triliun dan harus sudah selesai dalam dua tahun sebelum pembangunan kontruksinya berjalan,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Kamis (29/1).

Anggaran terbesar akan digelontorlan untuk Bina Marga (jalan) sebesar Rp33,7 triliun, sumber daya air Rp46,6 triliun, Cipta Karya Rp1,5 triliun, dan perumahan Rp931 miliar. Hediyanto juga mengemukakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN)  agar pembebasan lahannya tidak ada kendala.

“Dulu kalau mau bangun infrastruktur BPN dilibatkan belakangan, sekarang dari awal karena kita tidak mungkin mengerjakan infrastruktur tanpa didahului ketersediaan lahan. Apalagi di daerah, soal pembebasan lahan ini ada seninya karena harus meyakinkan masyarakat dengan anggaran pemerintah yang terbatas,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments