Sunday, June 23, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedBunga KPR BTN Bakal Terus Turun

Bunga KPR BTN Bakal Terus Turun

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, akan terus menurunkan tingkat bunga KPR/KPA (kredit pemilikan rumah/apartemen) hingga di angka single digit seperti yang diharapkan pemerintah untuk menggairahkan bisnis properti. Sejak awal tahun ini Bank BTN memberlakukan bunga promo 9,5 persen untuk penyaluran KPR/KPA baru.

“Jadi kita sudah single digit. Selanjutnya nasabah-nasabah KPR lama yang bunganya masih tinggi secara bertahap juga akan diturunkan. Sementara ini untuk nasabah baru dulu yang kita berlakukan single digit,” katanya usai pemaparan kinerja Bank BTN kwartal III 2017 di kantor pusat Bank BTN Jakarta, Senin (23/10).

Menurutnya, ada potensi pasar yang sangat besar dari penyaluran KPR perumahan khususnya untuk segmen rumah murah. Selama ini Bank BTN merupakan bank penyalur utama KPR bersubsidi (rumah tapak). Maryono menyebut melalui kerja sama perusahaan BUMN yang mengembangkan proyek hunian vertical dengan konsep transit oriented development (TOD) di beberapa stasiun, BTN akan menambah potensi penyaluran KPR/KPA itu.

“Kita merupakan penyalur terbesar rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan gaji maksimal Rp4 juta (rumah tapak). Sekarang potensi itu bertambah untuk penyaluran kredit rumah susun (KPA) di proyek TOD dengan maksimal gaji debitur Rp7 juta per bulan yang potensinya sangat besar,” jelasnya.

Suryanti Agustinar, Executive Vice President Non Subsidized Mortgage Lending Division Bank BTN menambahkan, bunga counter rate sebesar 9,5 persen berlaku untuk nasabah baru dengan tenor satu tahun pertama. Setelah itu akan diberlakukan bunga floating yang saat ini tercatat 12 persen dan paling tinggi 13,75 persen.

Bank BTN juga memiliki program fixed rate untuk nasabah baru dengan kriteria tertentu. Bunganya 8,5 persen, 9 persen, 9,5 persen, dan 10,25 persen masing-masing untuk 1 – 4 tahun tahun pertama.

“Jadi bunga kami cukup beragam. Bahkan untuk pekerja BUMN bisa mendapatkan special rate delapan persen per tahun fixed (tetap) tiga tahun dan sembilan persen per tahun fixed lima tahun. Yang masih kena bunga 13,75 persen menjadi prioritas kami untuk menurunkannya. Pasti akan turun,” ujarnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments