Saturday, September 23, 2023
Google search engine
HomeUncategorizedBUMD UEA Bangun Pulau Wisata Senilai Rp286 Miliar - Housing-Estate.com - Portal...

BUMD UEA Bangun Pulau Wisata Senilai Rp286 Miliar – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Negeri kaya di jazirah Arab ini seperti tak cukup dengan proyek-proyek properti yang dikembangkan. Selalu ada hal unik dan baru di setiap proyeknya. Seperti yang sedang dibangun oleh pengembang milik pemerintah Emirat Sharjah— Sharjah Investment and Development Authority (Shurooq), sebuah pulau khusus wisata bernama Al Noor.

Ilustasi

Ilustasi

Proyek buatan seluas 45.470 m2 ini berlokasi di Khalid Lagoon. Tempat rekreasi ini berkonsep kombinasi alam, seni dan entertainment. Perancangnya seniman ternama asal Austria, Andre Heller yang juga mendesain museum Swarovski Crystal Worlds di Istana Schonbrunn Palace di Vienna, Austria.

Ilustasi

Ilustasi

Salah satu obyek utama di pulau ini adalah bangunan berbentuk streamline, dengan ornamen atap dari bahan berpori, biomorphic exterior, green light serta dinding tanaman plant-covered walls. Diberi nama Butterfly House, bangunan ini akan menjadi rumah 500 jenis kupu-kupu dari segala penjuru dunia. Seperti Danaus chrysippus yang dikenal sebagai African monarch, Doleschallia bisaltide atau yang punya nama lain Autumn Leaf dan Pachliopta aristolochiae atau kupu-kupu mawar, dan tentunya aneka jenis dari Asia Tenggara yang terkenal dengan kupu-kupu berwarna terang.

Lainnya adalah Literature Pavilion, sebuah area terbuka yang didedikasikan untuk para penulis dan pencinta buku, yang akan didesain dengan suasana tenang dan berhias kaligrafi Arab. Kemudian OVO Art Sculpture yang berbentuk seperti telur dan sudah dipajang di banyak kota di dunia, yang ditemani setidaknya delapan patung karya seniman dunia lainnya. Lalu taman bermain anak yang dilengkapi dengan pasir dan rumput artifisial. Serta pepohonan rimbun. Dilengkapi dengan aneka toko sovenir dan kafe-kafe, Al Noor akan diterangi oleh tata cahaya khusus.

Sebuah jembatan khusus pejalan kaki serentang 3.500 m akan dibangun dari seberang pulau, sekaligus menjadi gerbang menuju pulau. Pengunjung juga bisa menggunakan ponton dari dermaga di Al Qasba dan Al Majaz Waterfront. Untuk itu semua, Shurooq sudah menyiapkan dana sebesar 80 juta dirham atau lebih dari Rp286 miliar.

Pembangunan Al Noor ini adalah dalam rangka menaikkan kedatangan turis ke Sharjah. Kota di bagian utara Uni Emirat Arab (UEA) tersebut menargetkan bisa menarik wisawatan sebanyak 10 juta sebelum 2021. “Proyek ini akan semakin mendorong Sharjah menjadi tujuan wisata utama di UEA dan kawasan sekitar,” kata Mohammed Ali Al Noman, Chairman Sharjah Commerce and Tourism Development Authority (SCTDA). Pulau Al Noor ditargetkan akan rampung pada akhir tahun ini.

Shurooq sendiri, sejak 2009 telah membangun banyak proyek dan sudah menjadi tujuan wisata di Sharjah, antara lain Al Qasba, Al Majaz Waterfront, Al Montazah – Amusement and Water Park, The Flag Island dan Heart of Sharjah. Sementara yang masih dalam tahap pembangunan adalah Al Jabal Resort, The Chedi Khorfakkan dan Kalba Eco-tourism Project.

Adapun Sharjah adalah kota ketiga terbesar di UEA, setelah Dubai dan Abu Dhabi. Bagian dari metropolitan Dubai-Sharjah-Ajman, yang hanya berjarak sekitar 15 km dari Dubai. Kotanya seluas 235 km² dan berpendudukan sekitar 800.000 jiwa.

(Sumber: Shurooq)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments