Wednesday, April 24, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedBTN Turunkan Suku Bunga KPR - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

BTN Turunkan Suku Bunga KPR – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Suku bunga KPR yang berlaku saat ini masih tergolong tinggi karena mencapai 13-14 persen di pasaran. Hampir semua bank menawarkan suku bunga KPR rendah hanya di tahun pertama konsumen mengambil KPR, namun setelah periode fixed  rate tersebut berakhir, konsumen akan terkaget karena selisih bunga promo dengan bunga pasar cukup tinggi.

BTN Turunkan Suku Bunga KPR

BTN Turunkan Suku Bunga KPR

Merespon hal ini, Bank BTN akan menurunkan suku bunga KPR-nya hingga 400 basis point atau mencapai 4 persen. Ini berlaku untuk bunga subsidi maupun non subsidi, hanya saja yang dimaksud dengan bunga subsidi yaitu bunga KPR yang disubsidi oleh pemerintah yang KPR-nya sudah berjalan sejak lama.

“Jadi bukan produk fasilitas likuiditas pembiayaan perunahan (FLPP), kalau ini bunganya sudah ditentukan 7,25 persen. Ini produk subsidi yang lama yang dipasar sekarang bunganya bisa mencapai 10 persen, ini akan kita turunkan. Termasuk KPR non subsidi, kalau dirata-rata penurunannya sekitar 200 basis point atau 2 persen,” ujar Mansyur S. Nasution, Direktur Bank BTN, kepada housing-estate.com usai acara pembukaan Indonesia Property Expo 2015 di Jakarta, Sabtu (14/2).

Saat ini kompetisi produk KPR cukup ketat, sehingga menurut Mansyur, pihaknya terus melakukan upaya-upaya agar produk KPR-nya bisa lebih menarik. Terkait soal bunga promo yang rendah, Bank BTN tidak mau melakukan itu sehingga bunga promo untuk realisasi KPR baru di Bank BTN mencapai 11,5 persen untuk tahun pertama.

“Dengan begitu konsumen juga tidak kaget pas diberlakukan bunga floating, yang kita lakukan lebih nyata dengan menurunkan bunga KPRfloating rata-rata 2 persen. Pokoknya kalau tanggal 1 Maret nanti yang punya KPR di Bank BTN nggak turun, hubungi saya, karena ini dipastikan akan turun,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments