Saturday, July 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedBPN Cek Sertipikat Lahan Proyek Sodetan Ciliwung - Housing-Estate.com - Portal Berita...

BPN Cek Sertipikat Lahan Proyek Sodetan Ciliwung – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Untuk mengurangi efek banjir di Jakarta pemerintah akan membuat sodetan Kali Ciliwung di Bidara Cina, Jakarta Timur. Tapi lahan yang akan digunakan untuk proyek tersebut banyak ditempati masyarakat dengan sertipikat palsu. Karena itu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) minta Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk turun tangan.

Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok)

Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok)

“Saya sudah minta ke Badan Pertanahan Nasional untuk memeriksa keaslian sertipikat lahan yang dimiliki warga. Kalau asli pemprov pasti akan bayar pembebasannya, tapi ini banyak yang palsu dan banyak bangunan ilegal juga,” ujarnya di Balaikota, Jumat (5/6).

Ahok menyatakan, Pemprov DKI Jakarta memiliki aset lahan di wilayah tersebut seluas 3,4 ha. Di atas lahan ini juga banyak berdriri bangunan ilegal. Karena itu sebelum proyek tersebut dimulai Pemprov ingin permasalahan lahan tuntas dulu. “Pokoknya yang sertipikatnya asli pasti kita ganti rugi, yang nggak jelas ini harus mau digusur dan dipindahkan ke rumah susun sederhana sewa (rusunami). Kami sudah siapkan rusunawa di Cibesel, Pulogebang, maupun Jatinegara Barat, ini semua lokasinya di Jakarta Timur jadi nggak terlalu jauh,” imbuhnya.

Saat ini ada sekitar 290 kepala keluarga di Kelurahan Bidara Cina yang akan terkena proyek sodetan Ciliwung. Total ada 299 peta bidang lahan yang mencakup luas 1,1 ha lahan yang perlu dibebaskan. Pemprov juga menyatakan sudah melakukan sosialisasi cukup lama dan warga juga sudah paham.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments