Saturday, July 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedBiar Rumah Murah di Dalamnya Ada WTP - Housing-Estate.com - Portal Berita...

Biar Rumah Murah di Dalamnya Ada WTP – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Proyek rumah murah bukan alasan untuk tidak mengembangkan prasarana pendukung yang baik. Salah satunya proyek rumah murah Grand Cikarang City (560 ha) yang dikembangkan PT Sri Pertiwi Sejati (SPS Group). Perumahan di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, itu didukung instalasi pengolahan air atau water treatment plant (WTP). Untuk membangun WTP ini SPS merogoh kocek sebesar Rp30 miliar.

Grand Cikarang City

Grand Cikarang City

“Kapasitas WTP di Grand Cikarang City 100 liter/detik dan akan ditingkatkan menjadi 200 liter/detik. Sumber airnya dari Jatiluhur dan mampu untuk menyuplai 40 ribu KK. Saat ini Grand Cikarang City sudah dihuni 10 ribu KK,” ujar Asmat Amin, Managing Director SPS Group kepada housing-estate.com di Bekasi, Rabu (31/8).

Oleh pengembang warga hanya diminta membayar Rp4.000/m3. Pengembang memberi subsidi karena tarifnya sesuai patokan PDAM sebesar Rp7.000/m3. Pengembang menyediakan WTP karena air tanah di Cikarang tidak memungkinkan untuk dikonsumsi. Hal ini justru positif  karena warga perumahan tidak menggunakan air tanah. Kendati investasinya tidak murah, menurut Amin,  dampaknya cukup baik. Perumahan menjadi cepat dihuni dan berkembang sehingga nilai propertinya juga lebih cepat meningkat.

“Sekarang kami mulai mengembangkan properti komersial. Pemilik rumah juga senang karena sekarang harganya sudah naik lebih dari dua kali lipat sejak dikembangkan akhir tahun 2008. Harga sekennya sekarang sudah Rp400 jutaan,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments