Saturday, April 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedBI Rate Turun, Bunga KPR Akan Menyesuaikan - Housing-Estate.com - Portal Berita...

BI Rate Turun, Bunga KPR Akan Menyesuaikan – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) akhirnya menurunkan suku bunga acuan atau BI rate sebesar 25 basis poin sehingga BI rate saat ini menjadi 7,5 persen. Gubernur BI Agus Martowardojo meyakini dengan turunnya BI rate akan menjaga inflasi tetap rendah dan stabil di bawah 4 persen.

Gerbang Bank Indonesia

Ilustrasi

“Kondisi ini yang akan kita jaga makanya BI rate diturunkan, ini juga untuk mengarahkan current account deficit atau defisit transaksi berjalan pada tingkat yang lebih sehat. Langkah-langkah fiskal ini akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat,” ujarnya usai mengumumkan penurunan BI rate di Gedung BI, Selasa (17/2).

Penurunan BI rate ini sesuai dengan ekspektasi pasar. Menurut Kepala Ekonom Bank Rakyat Indonesia (BRI) Anggito Abimanyu, penurunan ini merupakan langkah preventif dari BI. “Kalau sudah di-adjust begini BI akan cepat menyesuaikan deflasi,” imbuhnya.

Sementara itu Presiden Direktur Bank BCA Jahja Setiaatmadja mengapresiasi penurunan BI rate ini karena sesuai dengan permintaan pasar. “Dengan penurunan ini kami secara bertahap akan menurunkan juga bunga simpanan dan kredit. Bahkan sejak akhir tahun lalu kami sudah menurunkan suku bunga deposito karena memang situasinya sudah sesuai,” imbuhnya.

Untuk bunga KPR, umumnya penurunannya tidak akan seketika kendati BI rate diturunkan. Menurut Dewi Damajanti Widjaja, Vice President Head Marketing & Product Development Permata Bank, dibutuhkan waktu sekurangnya tiga bulan untuk proses penurunan maupun kenaikan bunga KPR.

“Jadi ada waktu untuk adjustment nggak bisa seketika. Kalau BI rate naik juga kita nggak langsung naikin bunga juga. Untuk penurunannya sendiri biasanya mengikuti besaran penurunan BI rate, jadi sekitar 25 basis poin, tapi sekali lagi faktornya bukan hanya BI rate ada juga cost of fund dan lainnya,” katanya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments