Tuesday, June 18, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedBI Rate Seharusnya Bisa Turun Lebih Rendah - Housing-Estate.com - Portal Berita...

BI Rate Seharusnya Bisa Turun Lebih Rendah – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) telah menurunkan tingkat suku bunga acuan atau BI rate sebesar 25 basis poin atau menjadi 7,25 persen dari sebelumnya 7,5 persen. Penurunan BI rate ini diharapkan segera diikuti penurunan suku bunga kredit agar iklim investasi segera pulih.

Ilustrasi

Ilustrasi

Penurunan BI rate mendapat apresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menyatakan pemerintah akan mencari cara agar BI rate ini bisa kembali turun sehingga suku bunga kredit perbankan juga bisa lebih rendah.

“Ini  salah satu upaya agar perbankan nasional bisa bersaing dengan bank-bank ASEAN dalam ajang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Saya akan cari cara supaya ini bisa turun lagi dan pasti bisa turun,” ujar Jokowi di Jakarta, Jumat (15/1).

Jokowi sangat menyadari suku bunga perbankan di Indonesia  merupakan yang tertinggi di kawasan ASEAN. Ia berharap dalam waktu dekat BI rate bisa pada kisaran 5-6 persen sehingga suku bunga kredit perbankan juga bisa lebih rendah dan lebih bersaing dengan pasar ASEAN.

Senior Vice President Non Subsidized Mortgage & Consumer Lending Division Bank BTN Suryanti Agustinar, mengatakan, penurunan BI rate tidak serta merta menurunkan suku bunga perbankan. Ada proses waktu yang harus dilalui, misalnya suku bunga deposito yang berlaku per enam bulan maka penurunannya harus menyesuaikan dengan jangka waktu tersebut.

“Kami sendiri menginginkan BI rate turun supaya suku bunga kredit juga bisa turun. Suku bunga yang lebih rendah akan menggairahkan orang untuk mendapatkan pinjaman dari bank, jadi bukan berarti kalau suku bunga tinggi kita suka, kita malah lebih suka kalau suku bunga bisa turun lagi,” jelasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments