Saturday, April 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedBeda Indonesia, Cina, dan Jepang - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Beda Indonesia, Cina, dan Jepang – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Menurut ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani, perekonomian Indonesia saat ini bisa tumbuh karena banyak faktor pendukungnya. Faktor utamanya karena golongan terbesar penduduk Indonesia merupakan kalangan muda produktif dengan daya beli yang terus meningkat. Ia menyebut ada 50 juta orang super kaya dan 100 juta golongan menengah yang dengan daya belinya menjadi pendorong perekonomian saat ini.

Aviliani

Aviliani

“Makanya kita ini diincar pasar global, semua negara mau masuk sini. Kondisi ini membuat pemerintah tidur pun ekonomi pasti tumbuh,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (20/2).

Cina dan Jepang juga merupakan dua negara yang masih mencatatkan pertumbuhan ekonomi. Tapi berbeda dengan di Indonesia yang sebagian masyrakatnya gemar berbelanja, perekonomian di Jepang mestinya defisit, hanya saja karena sebagian besar GDP-nya didorong ekspor makanya ekonominya tetap tumbuh.

“Kalau Cina daya belinya juga tinggi, tapi konsumsinya rendah karena sebagian besar uangnya masuk tabungan. Ini bedanya dengan Indonesia, di sini konsumsinya tinggi tapi tabungan rendah,” imbuhnya.

Aviliani juga menyebut di Indonesia banyak orang kaya baru yang tidak paham memportofoliokan uangnya. Hal ini merupakan kesempatan bagi sektor keuangan seperti perbankan maupun asuransi untuk memaksimalkan sumber dana dari dalam negeri.

“Banyaknya kasus penipuan investasi bodong itu salah satu indikasi banyak orang yang punya uang tapi nggak ngerti uangnya mau diapain,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments