Tuesday, July 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedBanyak Disalahgunakan, Ahok Akan Ubah Rusunami Jadi Rusunawa - Housing-Estate.com - Portal...

Banyak Disalahgunakan, Ahok Akan Ubah Rusunami Jadi Rusunawa – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Banyaknya unit hunian rumah susun yang digunakan untuk transaksi terlarang seperti narkoba dan prostisusi, membuat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan mengubah program pembangunan rumah susun sederhana milik (rusunami) di Jakarta menjadi rumah susun sederhana sewa (rusunawa).

“Ini antisipasi kami ke depan, konsep rusunawa ini susah kontrolnya karena kalau sudah dibeli terserah pemiliknya mau diapakan dan tidak harus melapor ke pengelola. Ini yang membuat kita kesulitan untuk melakukan pendataan, makanya ke depan nggak ada lagi, kita ubah semua jadi rusunawa,” ujarnya di Balaikota, Jakarta, Selasa (28/4).

Rusun Marunda

Ilustrasi

Dengan konsep rusunawa, pemprov telah melakukan pendataan yang ketat untuk setiap calon penghuni. Ahok juga akan memaksimalkan peran pengurus untuk hunian vertikal dengan tetap mengadakan pengurus RT/RW. Pengurus inilah yang harus jeli dan melakukan pendataan secara berkala sehingga bila ada perubahan penghuni bisa langsung terdata.

Untuk sementara kontrol yang lebih ketat baru bisa diterapkan pada unit rusunawa karena itu Ahok akan membuat program hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tidak lagi berupa rusunami. “Sekali lagi ini untuk memudahkan kontrol dan pengawasan. Kalau penghuni rusunawa itu KTP-nya harus sesuai, jadi nggak bisa sembarangan dipindahtangankan,” tegasnya.

Sementara itu untuk program rusunami yang sudah berjalan, menurut Kepala Dinas Perumahan dan Gedung DKI Jakarta Ika Puji Lestari, masih tetap berjalan sesuai perjanjian yang sudah disepakati karena sudah ada perjanjian juga dengan pihak bank. “Selain susah mengontrol penghuninya, program rusunami ini juga kerap salah sasaran makanya akan diubah jadi rusunawa untuk masyarakat miskin ibukota dengan subsidi dari pemprov mencapai 80 persen,” imbuh Ika.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments