Sunday, May 26, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedAsing Borong Apartemen di Cikarang

Asing Borong Apartemen di Cikarang

Housing-Estate.com, Jakarta – Pasar apartemen di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, yang tengah naik daun ternyata bukan hanya diramaikan pembeli lokal. Sejumlah perusahaan asing ikut memborong apartemen yang akan dipakai untuk tempat tinggal karyawannya. “Mereka bukan membeli satu dua unit, tetapi puluhan. Bahkan ada perusahaan asing yang membeli satu lantai,” ujar Suteja Sidarta Darmono, Direktur PT Jababeka Tbk, kepada housing-estate.com di Bekasi, akhir pecan lalu.

Sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) orang asing tidak boleh memiliki atau membeli properti di Indonesia.  Namun undang-Undang tersebut mengijinkan badan atau perusahaan asing di Indonesia memiliki properti.

Apartemen Chadstone Cikarang

Apartemen Chadstone Cikarang

Menurut Suteja, di Cikarang ada ribuan perusahaan asing berikut puluhan ribu perkerja asing (ekspatriat) yang bekerja di dalamnya. Di Jababeka saja ada 1.600 perusahaan asing dengan 10.000 ekspatriat. Di seluruh Cikarang jumlah perkerja asing konon mencapai 21 ribu orang. Mereka butuh hunian, tempat wisata, dan lifestyle center sesuai dengan standar di negaranya.

Para pekerja asing itu sebagian besar tinggal di rumah tapak (landed house) yang belum sesuai dengan standar mereka. Karena itu ketika ada penawaran apartemen yang pengelolaannya dinilai sesuai standar mereka, sejumlah perusahaan asing di Cikarang langsung membeli dalam jumlah banyak.

Setidaknya di Cikarang ada sembilan proyek apartemen. Tujuh diantaranya masih dipasarkan, yaitu Orange County, The Oasis, Chadstone Apartment, Green Palace Residence, Mustika Golf Residence, The Enviro, dan One Sentosa. Dua lainnya apartemen Trivium Lippo Cikarang dan Elvis Tower (menara pertama) yang dikembangkan PT Jababeka Tbk  sudah habis. Apartemen Elvis masih menyisakan satu tower tapi belum dipasarkan.

Semuanya laris manis. Apartemen Chadstone yang dikembangkan Pollux Properties Indonesia sudah memasarkan tower kedua, sedangkan Orange County melansir tower ketiga (Pasadena Suites). Harganya yang bersaing dan potensi sewanya yang cukup menjanjikan menjadi daya tarik apartemen di Cikarang. Saat ini harganya rata-rata Rp15 – 16 juta/m2 atau mulai Rp300 jutaan per unit.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments