Wednesday, April 24, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedApartemen Tertinggi di New York Terjual Rp1,3 miliar/m2 - Housing-Estate.com - Portal...

Apartemen Tertinggi di New York Terjual Rp1,3 miliar/m2 – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Jangan pernah remehkan sebidang ruang hijau di tengah kota. Central Park di New York, AS, membuktikan bisa mendongkrak nilai properti di sekelilingnya.  Apartemen-apartemen yang punya pemandangan langsung ke taman seluas 3,41 km2 itu tersewa  atau terjual dengan nilai sangat tinggi.

Salah satu yang terbaru unit duplex di  One57, Manhattan. Unit seluas 1.020 m2 itu terjual 100,5 juta dolar AS, sekitar Rp1,3 triliun atau Rp1,3 miliar per m2.  Menurut catatan Dinas Keuangan Kota New York, itu adalah rekor transaksi tertinggi yang pernah terjadi. Memecahkan rekor sebelumnya, atas transaksi penthouse milik Chairman Citigroup Inc Sanford Weill. Unit yang berada di 15 Central Park itu terjual dengan harga 88 juta dolar AS atau Rp 1,1 09 triliun.

One57

One57

Unit termahal seantero New York itu berada di paling puncak, lantai 89 dan 90, memiliki enam kamar.  Seluruh dinding luarnya berlapis kaca sehingga  seluruh ruang punya view ke  seluruh Kota New York.

Lokasi One57 dekat Carnegie Hall di sebelah selatan Central Park. Arsiteknya Christian De Protzamparc, peraih anugerah Pritzker dan yang mendesain interiornya Thomas Jull-Hansen. Sudah beroperasi sejak akhir tahun lalu, pengelolaannya diserahkan pada Park Hyatt. Saat ini, One57 yang punya tinggi 306 meter itu adalah gedung tertinggi di New York. Tapi posisi ini akan dikalahkan oleh 432 Park Avenue, yang masih dalam tahap konstruksi.

Pengembangnya Extell Development Co, tahun 2009, saat ekonomi dunia dihajar krisis finansial dan sempat mengganggu pasar residensial mewah di tengah Manhattan. Pada periode tersebut ada enam residensial pencakar langit yang menyasar para milyuner. Seperti proyek dari  Zeckendorf Development Co di 520 Park Ave dan proyek milik Vornado Realty Trust (VNO) di 220 Central Park South, lalu proyek di simpang 57th Street dan  432 Park Ave. Semuanya masih dalam tahap pembangunan. Tapi yang disebut terakhir dijadwalkan rampung akhir tahun ini. Di sini, unit penthouse-nya terjual dengan harga 95 juta dolar AS (Rp1,19 triliun).

Mulai dipasarkan tahun 2011, Extell menjual tipe duplex dengan harga perdana 98,5 juta dolar AS (Rp1,24 triliun). Meski pasar terganggu, tapi nyatanya peminat One57 cukup tinggi.  Dalam enam bulan pertama  meraup penjualan 1 miliar dolar AS atau lebih Rp12,6 triliun. Sayangnya kesuksesan itu tidak berlangsung panjang, mengingat ketatnya pasar. Hingga kuartal ketiga 2014, seperti diakui pihak Extell pada Bursa Saham Tel Aviv, tempatnya melepas surat hutang, hanya bisa menjual satu unit. Jadi, hingga akhir September, baru 24 dari 94 unit terjual.

(Sumber: Bloomberg & One 57)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments