Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedAnggaran Perumahan Indonesia Kalah Jauh Dari Philipina

Anggaran Perumahan Indonesia Kalah Jauh Dari Philipina

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Jumlah penduduk Indonesia boleh lebih besar dari negara-negara anggota Asean lainnya, tapi soal anggaran perumahan tidak demikian. Persentase anggaran perumahan Indonesia yang hanya 0,05 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ternyata kalah dari Thailand dan Philipina.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Thailand (anggaran perumahannya) mencapai 2,2 persen dari APBN-nya, sedangkan  Philipina anggarannya tiga kali lebih besar dari kita. Dibandingkan dengan produk domestik bruto (PDB), sektor perumahan kita hanya 3,2 persen. Sementara Singapura mencapai 53,7 persen, Malaysia 33 persen, Thailand 19 persen, Cina 14 persen, bahkan India saja 9 persen,” ujar Maurin Sitorus, Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) kepada housing-estate.com di Jakarta, Selasa (14/4).

Angka 3,2 persen dari PDB atau Rp313 triliun terlalu kecil dibadingkan jumlah yang diperlukan. Idealnya, lanjut Maurin, kebutuhan anggaran perumahan mencapai Rp1.000 triliun sehingga  ada kekurangan sebesar Rp687 triliun. Karena itu semua stake holder harus punya kesadaran dan tanggung jawab untuk ikut menyukseskan program pembangunan perumahan nasional.

“Kendala lainnya, sebanyak 60 persen tenaga kerja kita bekerja pada sektor informal yang artinya sulit mendapatkan akses ke perbankan. Seiring program sejuta rumah pemerintah sudah memprogramkan agar 60 persen pekerja informal ini seperti pekerja formal sehingga bisa mengakses ke perbankan untuk mendapatkan KPR,” imbuhnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments