Wednesday, May 22, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedAgung Podomoro Land Ketiban Sial - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Agung Podomoro Land Ketiban Sial – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Agung Podomoro Land (APL) tampaknya sedang apes. Suap yang diberikan perusahaan pengembang itu melalui petingginya, Ariesman Widjaja, Presdir APL, kepada M Sanusi, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, tercium komisi anti rasuah. Sanusi tertangkap tangan KPK setelah menerima setoran Rp1,1 miliar dari Ariesman. Sementara Ariesman malam harinya menyerahkan diri ke KPK. Dalam dunia bisnis Indonesia tidak terkecuali di sektor properti praktek suap-menyuap merupakan hal biasa dan lumrah kendati itu melanggar aturan dan norma. Suap atau pemerasan umumnya terjadi saat pengurusan perizinan. Karena itu suap APL untuk memuluskan pembahasan Raperda Reklamasi itu dinilai sebagai kejadian sial.

Agung Podomoro Land

Agung Podomoro Land

“Kita semua sudah tahu praktik ini memang biasa, jadi Agung Podomoro lagi sial karena kena operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Sebetulnya suap di sektor properti lebih aman dibandingkan di sektor lain, misalnya energi yang jumlahnya bisa gila-gilaan untuk mengubah kebijakan,” ujar seorang pengembang kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (6/4), menanggapi kasus suap yang melibatkan APL.

Disebut aman karena karena seluruh tahapan pengembangan properti di suatu daerah sudah sangat jelas aturannya. Semua  harus dipatuhi sehingga terjadinya praktek suap hanya sebagai pelicin agar perizinan lebih cepat. Kalau persyaratannya tidak dijalankan seberapa pun suap yang diberikan tidak akan bisa membeli perizinan. Untuk ground breaking dokumen Amdal harus ada dan IMB harus dikantongi sebelum memulai pembangunan.

Christopher AK, Sales Manager PT Adicipta Graha Kencana, pengembang apartemen Puri Orchard di Jakarta Barat, mengatakan, kasus suap APL tidak akan mempengaruhi sektor properti secara keseluruhan.  Kasus ini hanya berpengaruh  terhadap proyek reklamasi yang akan membuat 17 pulau baru.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments