Saturday, April 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorized8 Ruas Tol Di Sumatera Beroperasi 2019

8 Ruas Tol Di Sumatera Beroperasi 2019

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah menunjuk BUMN PT Hutama Karya untuk mengembangkan delapan ruas tol Trans Sumatera. Jalan tol ini meliputi ruas Medan-Binjai (17 km), Palembang-Indralaya (22 km), Bakauheni-Terbanggi (140 km), Pekanbaru-Dumai (131 km), Terbangi Besar-Pematang Panggang (100 km), Pematang Panggang-Kayu Agung (85 km), Pelambang-Tanjung Api-api (90 km), dan Kirasan-Tebing Tinggi (60 km).

Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi

Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Hery Trisaputra Zuna, total panjang jalan tol Trans Sumatera ini mencapai 645 km dan ditargetkan bisa beroperasi pada tahun 2019 sebagai upaya untuk mendorong pembangunan jalan tol di daerah.

“Model investasi pembangunan jalan tol ini menggunakan state guarantee model atau penugasan kepada perusahaan BUMN dengan didukung penuh oleh pemerntah. Dengan penugasan BUMN ini kemampuan pembangunannya menjadi 4 kali lipat karena pemerintah akan mendukung dengan penyertaan modal negara (PMN) dan jaminan penuh dalam penerbitan obligasi,” ujarnya saat konferensi pers di Jakarta pekan ini.

Konsep ini cocok diterapkan untuk pengembangan jalan tol di wilayah yang secara ekonomi kelayakannya masih rendah. Bila kita mengikuti pakem pembangunan seperti bisnis biasa, jalan tol ini belum layak untuk dibangun karena itu metode yang diterapkan adalah pembangunan fisik bertumpu pada pemerintah dengan penugasan BUMN. Bila pembangunannya ditunda nanti harga lahannya akan semakin maha.

Direktur Jalan Tol PT Hutama Karya Bambang Pramusinto menjelaskan, sebanyak 3 ruas tol Trans Sumatera ini ditargetkan bisa beroperasi pada akhir 2017. Tiga ruas ini meliputi Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, dan Bakauheni-Terbanggi Besar. “Untuk ruas yang lain bahkan ada yang sudah bisa dioperasikan secara bertahap mulai Februari 2017. Untuk menambah pembiayaan kami juga menerbitkan obligasi yang dijamin penuh pemerintah dengan nilai mencapai Rp13 triliun yang akan diterbitkan dalam 3 tahap,” imbuhnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments