Sunday, May 26, 2024
Google search engine
HomeUncategorized30 Gedung Akan Terkoneksi MRT - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

30 Gedung Akan Terkoneksi MRT – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Tahun 2018 proyek transportasi massal mass rapid transit (MRT) rute Lebak Bulus – Bundaran HI,  ditargetkan beroperasi. Angkutan cepat massal ini akan dikoneksikan dengan gedung-gedung perkantoran di sepanjang lintasan. Koneksitas ini memudahkan para pekerja menuju tempat kerja dan diharapkan semakin banyak orang yang mau beralih dari kendaraan pribadi ke MRT.

Ilustrasi : Mass Rapid Transit

Ilustrasi : Mass Rapid Transit

“Saat ini sudah lebih dari 30 gedung yang menyatakan kesiapannya untuk dikoneksikan dengan stasiun MRT. Beberapa di antaranya Blok M Plaza, Plaza Sinar Mas, Sudirman 78, dan lain-lain. Nanti kita lakukan perjanjian business to business (B to B) dengan pemilik gedung, dengan begitu masyarakat juga menjadi lebih mudah mengakses gedung-gedung di sepanjang jalur MRT,” ujar  Direktur Utama PT MRT Dono Boestami, kepada media di Jakarta, pekan lalu.

Perjanjian B to B merupakan bagian dari kompensasi yang harus dilakukan pemilik gedung kepada Pemprov DKI Jakarta terkait penambahan koefisien lantai bangunan (KLB). Pengintegrasian ini juga untuk mewujudkan konsep Jakarta sebagai kota transit oriented development (TOD) sebagaimana Perda No. 175 Tahun 2015.  Saat ini PT MRT tengah menunggu terbitnya peraturan gubernur (Pergub) mengenai TOD.

Untuk persiapan pengoperasian transportasi massal ini PT MRT pada awal 2016 akan merekrut tenaga kerja operasional dan non operasional. Mereka selanjutnya akan dilatih sesuai system manajemen MRT sehingga saat proyek ini selesai tahun 2018 sudah siap. Beberapa tenaga kerja juga akan dikirim ke Jepang untuk pelatihan serupa.

“Paling tidak dibutuhkan sekitar 600 orang pegawai untuk kebutuhan operasional mulai penjaga stasiun hingga operator kereta. Saat ini kami tengah mengurus regulasi di Kementerian Perhubungan dan dengan Kereta Api Indonesia (KAI) sekaligus untuk mempersiapkan sertifikasinya,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments